Sabtu, 17 April 2010

Istilah Istilah Sistem Basis Data Dalam Tabel Relasional

RELASI
Relasi dapat juga diartikan sebagai tabel dengan baris-baris dan kolom yang menjadi penyusunya. Elemen relasi adalah baris baris (tupel) dalam tabel bersebut. Baris atau tupel ini serupa dengan record dalam file. tupel tupel ini dapat muncul dengan sembarang urutan dalam relasi, dan tupel tupel ini tidak mungkin atau tidak boleh muncul lebih dari satu kali, karena setiap baris atau tupel adalah unik. Sehingga relasi dapat juga di katakan sebagai himpunan tupel yang unik. Oleh karena dia merupakan himpunan tupel tupel, sehingga urutan menjadi tidak dipermasalahkan selayaknya teori himpunan dalam matimatika.
ATRIBUT
Atribut merupakan kolom pada sebuah relasi. Setiap entitas pasti memiliki aribut yang mendeskripsikan karakter dari entitas tersebut. Penentuan atau pemilihan atribut-atribut yang relevan bagi sebuah entitas merupakan hal penting dalam pembentukan model data.
TUPEL
Tupel dapat diartikan sebagai baris dalam relasi, atau dapat juga disebut sagai record dalam file. Setiap tupel adalah unik, berdasarkan kunci tertendu, tidak boleh ada tupel yang sama berada dalam suatu relasi. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang, misalnya : NPM,nama mahasiswa, alamat, kota, dll.
DOMAIN
Domain adalah himpunan nilai yang valid yang terdapat dalam suatu atribut. Setiap atribut dalam basis data relasional didefinisikan terhadap suatu domain.
DERAJAT
Derajat merupakan jumlah atribut-atribut yang ada dalam suatu relasi.
CARDINALITY
Merupakan jumlah tupel yang ada dalam suatu relasi. cardinality relasi akan berubah ketika tupel ditambah atau dikurangi. Nilai cardinality adalah kondisi suatu saat dari relasi.
CONTOH GAMBAR:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar